5+ Sebab-Sebab Melakukan Kemaksiatan

5+ Sebab-Sebab Melakukan Kemaksiatan
5+ Sebab-Sebab Melakukan Kemaksiatan
Assalamualaikum Wr.Wb

5+ Sebab-Sebab Melakukan Kemaksiatan - Hello Semuanya Selamat datang di islamagamaku45.id , Postingan sebelumnya kita telah membahas tentang pengertian kemaksiatan selanjutnya kita akan membahas tentang sebab-sebab terjadinya kemaksiatan , Kenapa kita bisa melakukan kemaksiatan ?

Ada hal yang cukup menarik prihal dilakukannya maksiat oleh seseorang.Kita simak Khadist Nabi berikut yang di Riwayatkan oleh Ibnu Majah

“ Sungguh aku mengetahui suatu kaum dari umatku datang pada hari kiamat dengan banyak kebaikan semisal Gunung Tihmah,Namun Allah menjadikan kebaikan tersebut menjadi debu yang bertebaran. Tsauban bicara Wahai nabi,jelaskan sifat mereka pada kita,terangkanlah mereka,supaya kita tidak menjadi seperti mereka sedangkan kita tidak mengetahuinya.

Rosululloh SAW bersabda,”Ingatlah,mereka adalah saudara kalian,Kulit mereka sama dengan kulit kalian.Mereka menghidupkan malam (dengan ibadah) seperti Kalian.Akan tetapi mereka adalah kaum yang jika keadaan sendiri mereka merobek tirai (merusak) untuk bisa bermaksiat kepada Allah”.

Khadist di atas semakna/semakin dekat merucutnya dengan surat An-Nisa’ ayat 108
artinya :
Mereka bersembunyai dari manusia,tetapi mereka tidak bersembunyi dari Allah,dan Allah beserta mereka,ketika pada suatu malam mereka menetapkan ucapan keputusan rahasia yang Allah tidak ridlai ( Berbuat Maksiat ) Dan adalah Allah Maha Meliputi (ilmuNya) terhadap apa-apa yang mereka lakukan.

Ketika maksiat dilakukan dengan sembunyi dari keramaian dan dari hadapan manusia saja,sudah sampai seberat itu resikonya dari Allah,tanpa memperdulikan dia yang masih beribadah kepada Allah, menghidupkan malamnya yang berarti dia juga ahli berdoa dan sholat malam, lalu betapa dasyatnya murka Allah kepada pelaku Maksiat yang dilakukan dengan terang-terangan dihadapan orang,ditengah keramaian manusia,dan dia bukan orang yang ahli beribadah?!!!.

Maka sangatlah penting bagi kita mengenali apa sebab-sebab yang membuat seseorang dengan mudah melakukan perbuatan maksiat,sehingga kemudian kita bisa menghindari dari perbuatan maksiat tersebut.


Penyebab Kemaksiatan Antara Lain :

1. Lemahnya keimanan.

Lemahnya iman terjadi karena kurangnya ilmu,kurangnya kefahaman,kurang ”Mengenal Allah” Sebagaimana firmannya dalam surat At-Takasur Ayat 5
Artinya :
Janganlah begitu,jika kamu mengetahui dengan pengetahuan yang disertai hati yang yakin,niscaya kamu akan benar-benar melihat neraka jahim. Kemudian kamu akan benar-benar melihat neraka jahim itu dengan pandangan mata yang yakin.

Ketika seseorang mengenal Allah,dia akan mengenal kebaikan peraturan Allah,mengenal kuasanya Allah atas segala kehendak,termasuk kuasa atas murka dan siksa,maka dia akan benar-benar takut dan menjauh dari maksiat kepadaNya.

Apabila Iman seseorang itu kuat,saat ada kemaksiatan,maka rasa takutnya kepada Allah akan menjaganya.

2. Teman bergaul yang buruk.

Rosululloh bersabda dalam riwayat abu daud tentang pegaulan :

“ Seseorang akan mencocoki agama (kebiasaan) teman karibnya.Oleh karenanya,hendaklah salah satu kalian memperhatikan siapa yang akan menjadi teman karibnya”

Ingatlah bahwa banyak maksiat yang terjadi dikarenakan teman bergaul yang jelek.Seseorang yang asalnya baik,karena teman bergaul yang jelek,tidak faham agama jauh dari kesholihan amal,senang lahan,melalaikan Allah, bahkan berani menggunakan yang haram, maka besar kemungkinan dia akan terbawa kepada kejelekan dan maksiat teman bergaulnya.

3. Tidak menundukan pandangan mata dari yang haram,bahkan membebaskannya ( Jelalatan).

Dari pandanganlah panah beracun Iblis mulai di lepaskan,itulah sebabnya Allah memerintahkan dalam surat An-Nur ayat 30
Artinya :
Allah berfirman : Katakanlah wahai muhammad kepada orang iman laki-laki : mereka  supaya menahan pandangannya,dan supaya menjaga kemaluannya,yang demikian itulah adalah lebih suci bagi mereka,sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.
 

Jarir bin abdillah ra ,ia berkata diriwayatkan oleh Riwayat Muslim tentang Pandangan :


“Aku pernah bertanya kepada Rosululloh SAW mengenai pandangan yang tidak di sengaja.Maka beliau memerintahkanku supaya memalingkan pandanganku”

Nasehat Rosululloh SAW kepada Ali yang diriwayatkan Oleh Abu daud :

“ Wahai Ali,janganlah kamu mengikuti pandangan (pertama,yang tidak disengaja) pada pandangan (berikutnya,yang disengaja).Sesungguhnya (dimaafkan/dimaklumi) bagimu pandangan yang pertama namun bukan pandangan yang berikutnya(pandangan selanjutnya berdosa)”

4. Banyak waktu luang,namun disia-siakanAda 2 kenikmat yang seringkali dilalaikan manusia dalam riwayat bukhori.

“Ada 2 kenikmatan yang kebanyakan manusia dilalaikan/dirugikan pada 2 nikmat tersebut,yaitu nikmat sehat dan waktu senggang”

Artinya nikmat sehat dan waktu senggang itu tidak menambah drajat disisi Allah SWT

Waktu luang adalah waktu yang berharga,ketika disia-siakan maka syetan yang akan mengambilnya untuk mempengaruhi kita,dari satu kemaksiatan pada yang lebih besar dan lebih besar lagi

 5. Meremehkan Yang Haram.


Ingatlah firman Allah dalam Surat As-Saff ayat 5
Artinya :
Ketika mereka berpaling maka Allah akan semakin memalingkan hati mereka (dari kebenaran) dan Allah tidak akan menunjukan kepada kaum yang fasiq ( keluar dari ketaatan).

Maka,Jangan sekali-kali menganggap remeh dosa dan segala sesuatu yang dilarang agama.Semakin meremehkan maka kita akan terjerumus dalam keharaman yang lebih besar.
Nah itulah 5+ Sebab Melakukan Kemaksiatan , Semoga kita terhindar dari godaan syaitan untuk melakukan kemaksiatan . Sekian dari saya ,


Wassalamualaikum Wr.Wb


Search :
Sebab Melakukan Maksiat
terjadinya maksiat
penyebab terjadinya maksiat
5 sebab terjadinya maksiat
5 penyebab terjadinya maksiat
Lemahnya Iman
Teman bergaul yang buruk
Tidak menundukan pandangan mata dari yang haram,bahkan membebaskannya ( Jelalatan)
Banyak waktu luang,namun disia-siakan
Meremehkan Yang Haram


Belum ada Komentar untuk "5+ Sebab-Sebab Melakukan Kemaksiatan"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus