Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan menurut Islam


Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan menurut Islam
Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan menurut Islam

Assalamualaikum Wr.Wb

Hello Gays bertemu lagi di artikel islamagamaku45.id. Nah kemarin artikel kita telah membahas Bahaya maksiat terhadap keimanan. Kali ini kita akan membahas tentang Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan.

Umumnya kita pasti telah melakukan kemaksiatan , maksiat itu ya melakukan dosa , melanggar aturan allah rosulnya kalian udah taulah itu atau belum tau “ pengertian maksiat Dan Pengaruh maksiat terhadap keimanan “

Bagaimana cara agar terhindar dari maksiat :

Agar terwujudnya kemampuan manusia menjauhi kemaksiatan (dengan selalu mohon pertolongan kepada Allah. Karena tidak ada daya untuk menjalankan ketaatan kepada Allah dan tidak ada kekuatan untuk menjauhi dari kemaksiatan kepadaNya kecuali dengan pertolonganNya).

Maka berikut ini beberapa upaya untuk menumbuhkan kesabaran diri agar kita selamat , terhindar dari maksiat  :

1. Selalu mengingat Allah , dimana saja dan kapan saja kita berada.

Rosululloh SAW bersabda dalam riwayat attirmidzi

“Bertaqwalah kepada Allah dimana saja kamu berada dan ikutkanlah suatu perbuatan dosa dengan kebaikan,pasti akan menghapus dan bergaullah sesama manusia dengan akhlaq yang baik“

2. Menyadari bahwa hidup di dunia ini hanyalah sementara,sedangkan hidup yang abadi adalah setelah kita mati.

Allah berFirman dalam surat Ali ‘imron ayat 185


Artinya :
Setiap diri,akan merasakan kematian dan pembalasan amal kalian akan ditetapi pada hari kiamat.Maka barang siapa yang dijauhkan dari siksa api neraka dan dimasukan ke dalam surga,maka sungguh dia adalah orang yang beruntung.Dan tidaklah ada kehidupan dunia itu kecuali kesenangan yang menipu.

3. Selalu berdzikir kepada Allah SWT.


Sebab dengan membiasakan berdzikir kepada Allah maka hati akan menjadi tentang dan tentram jauh dari kemaksiatan.

Firman Allah dalam Surat Ar-Ra’d ayat 28

Artinya :Orang-orang yang beriman dan hatinya tentram(dalam keimanan) sebab ingat kepada Allah ,ingatlah bahwa sebab ingat kepada Allah hati akan menjadi tentram.

4. Selalu bertaubat dan beristighfar (meminta ampunan) kepada Allah.

Orang yang selalu bertaubat Akan membuat Allah sangat gembira karena taubatnya,allah senang terhadap orang-orang yang mau bertaubat dan Allah juga mencintai dan menjaganya

Rosululloh SAW bersabda dalam riwayat bukhori tentang taubat

“Allah lebih bergembira menerima taubatnya hamba ,dari pada kegembiraan salah satu kalian yang menemukan ontanya kembali setelah ia kehilangan di bumi padang pasir yang luas”

5. Bergaul dengan orang-orang yang sholih.

Abu Huroiroh mendengar Rosululloh SAW bersabda dalam riwayat abu daud

“Orang iman itu adalah cerminan dari saudaranya yang iman,dan orang iman itu saudara bagi orang iman yang lain,dia mencegah saudaranya dari tersiasia dan dia menjaga saudaranya dari arah belakangnya (Memberikan manfaat,bisa menjaga saudaranya dari kejelekan)

6. Selektif dalam memilih teman.

Teman yang baik akan memberikan kebaikan juga ,sebaliknya teman yang buruk,yang tidak faham agama,senang berbuat maksiat akan mendatangkan keburukan.Rosululloh SAW bersabda dalam riwayat bukhori

“Gambaran teman yang baik dan teman yang buruk,ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi.Penjual minyak wangi tidak akan melewatkan darimu,mungkin kamu membeli minyak wangi darinya,atau kalaupun tidak,kamu akan mendapatkan bau harum darinya.Sedangkan pandai besi,bisa jadi(apinya) mengenai badanmu atau pakaianmu,dan kalaupun tidak engkau akan mendapatkan bau asapnya yang jelek(bau)” 

7. Menjauhi diri dari tempat-tempat maksiat.

Allah berfirman dalam surat Al-Furqan ayat 72 tentang salah satu sifat hamba-hambaNya yang beriman :

Artinya :
Apabila mereka bertemu dengan (orang-orang) yang mengerjakan lahan (perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah) maka mereka berlalu dengan mulia (menjaga kehormatan dirinya).

Bila perbuatan-perbuatan yang tidak berfaedah saja harus ditinggalkan,apalagi terhadap tempat-tempat maksiat yang banyak dilakukannya perbuatan=perbuatan yang haram ? sudah tentu kita harus menjauhinya

8. Selalu mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Firman Allah dalam hadist Qudsiy : 
“Allah Azza wa Jalla berfirman : Ketika hamba mendekat kepadaKu satu jengkal maka Aku akan mendekat kepadanya satu hasta,dan ketika dia mendekat kepadaKu satu hasta , maka Aku akan mendekat kepadanya satu depa dan ketika dia datang kepadaKu dengan berjalan maka Aku akan datang kepadanya dengan berlari”.

9. Meneladani kehidupan para nabi dan rosul serta orang-orang yang sholih.


Nah itu lah bagiman cara agar kita terhindar dari kemaksiatan , semoga Allah memberikan kebarokahan,ilmu hikmah dan semoga kita selalu di lakukan untuk melakukan perbuatan-perbuatan amal sholih , sekian artikel dari kami .


Wassalamualaikum Wr.Wb


Search :
Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan
Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan menurut Islam
Menghindari Maksiat
Cara Menghindari maksiat saat sendiri
Dzikir menghindari Maksiat
Amalan menghindari maksiat
Dalil tentang menghindari maksiat
cara menghindari maksiat memilih teman



Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Terhindar dari kemaksiatan menurut Islam"

Posting Komentar

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays