Posisi tidur menyehatkan untuk ibu hamil dan janin dan tips ibu hamil


Assalamualaikum Wr.Wb

Hello semuanya selamat datang di artikel islamagamaku45.id. Kali ini kami akan membahas tentang bagaimana sih posisi ibu hamil yang menyehatkan bagi bayi dan juga ibunya.

Posisi tidur merupakan bagian dari tidur, posisi tidur juga dapat menentukan kesehatan kita dengan melakukan posisi tidur yang benar.

Apabila kita salah posisi tidur / tidak menerapkan posisi tidur yang baik maka akan terjadi yeri punggung bawah dan jika anda mempunyai nyeri maka akan memperparah nyeri itu.

Oleh karena itu anda saat posisi tidur perlu memperhatikan posisi kepala, bahu dan pinggul untuk posisi sejajar.

Posisi saat tidur yang menyehatkan biasanya yaitu dengan terlentang.

Nah itu untuk orang normal , bagaimana untuk ibu hamil ? apa kah sama ?

Penyebab Bumil / Ibu hamil itu sulit menemukan posisi tidur yang pas,dikarenakan :

1. Sakit punggung.

Janin yang ada di perut si Ibu hari demi hari bulan demi bulan pasti beratnya bertambah,nah itu lah yang membuat beban tubuh ibu selama beraktivitas semakin meningkat,ahirnya si ibu mengalami pegal dan sakit punggung yang amat.Rasa sakit yang di derita inilah yang biasanya menyebabkan si ibu susah untuk posisi tidur yang pas

2. Napas terenggap-enggap.


Perut terus membesar maka membuat diafragma di tubuh ibu itu terdesak.nah hal ini lah yang akan menyebabkan ibu terasa sesak untuk bernapas dan berat.Ini merupakan salah satu penyebab si ibu hamil juga susah menemukan posisi yang pas yang nyaman untuk tidur.

Sebelumnya ibu hamil juga harus memperhatikan . apa saja yang perlu di perhatikan sebelum tidur ?

1. Saat sebelum tidur sebaiknya tidak minum dahulu.

Biasanya saat hamil dokter menyarankan bagi ibu hamil uintuk menkonsumsi air yang cukup saat masa kehamilannya,tujuannya agar kondisi tubuh tetap vit dan bugar tidak kekurangan cairan.

Tetapi hindari minum air sebelum tidur , dikarenakan ibu hamil akan sering bangun di malam harinya untuk pipis/buang air kecil.Usahakan minum airnya satu jam sebelum tidur saja ya

2. Saat sebelum tidur sebaiknya tidak makan.

 Untuk ibu hamil hindari makanan yang pedas paling tidak 2 jam setelah makan yaitu untuk mencegah asam lambung , dikarenakan kebanyakan ibu hamil itu menderita asam lambung dan ahirnya menyebabkan saat tidur merasakan tidak nyaman / terganggu.

Kalau ibu hamil merasakan asam lambung mulai naik setelah berbaring/tidur , maka sebaiknya gunakan bantal yang untuk menopang kepala,nah posisi inilah ketika kepala terangkat maka dapat membantu proses pencernaan makanan

3. Sebaiknya gunakan kasur yang tidak mudah kempis.

Kasur juga termasuk penunjang kenyamanan ibu hamil,kasur untuk ibu hamil perlu juga diperhatikan dipastikan pegas kasurnya tidak turun dan dipastikan kuat.

Nah itulah hal apa saja yang diperhatikan oleh ibu hamil sebelum tidur.

Lalu bagaimanakah posisi ibu hamil saat tidur/berbaring yang menyehatkan untuk kondisi ibu hamil itu sendiri dan janinnya ?

1. Posisi tidur terlentang.

Untuk ibu hamil boleh tidur dengan posisi terlentang , menurut Dokter posisi tidur terlentang itu berkisaran sampai usia kehamilan 20 minggu – 26 minggu itu masih dapat di lakukan oleh ibu hamil.

Saat kandungan sudah membesar,posisi tidur terlentang sudah tidak disarankan lagi dikarenakan pada saat posisi tidur terlentang itu memberikan efek tekanan pada vena cava inferior dan aorta, disepanjang punggung pembuluh darah yang merentang yang bertujuan untuk membawa darah dari jantung menuju sekujur tubuh.

2. Posisi tidur pada sisi kiri / menyamping kiri.

Posisi tidur dengan menyamping kiri ini untuk ibu hamil dan janinnya yaitu dapat berfungsi untuk melancarkan sirkulasi darah dan untuk si janin dapat menerima oksigen dan nutrisi cukup dari plasenta si ibunya.

3. Posisi tidur pada sisi kanan / menyamping kanan.

Jika ibu hamil merasakan tidak nyaman saat posisi tidur menyamping kiri , maka boleh juga berpindah ke posisi menyamping kanan

4. Posisi tidur setengah duduk.

Dikutip dari sebuah halaman dokter,posisi yang lainnya yaitu dengan cara posisi tidur setengah duduk , posisi ini bisa membuat ibu hamil dapat lebih rileks dan nyaman , yaitu dengan cara posisi tidur ,dengan posisi kepala dan punggung bagian atas disengga dengan bantal,nah posisi ini juga dapat membantu ibu hamil yang sedang mengalami nyeri ulu hati

Tips untuk ibu hamil saat tidur melewati masa kehamilan :

1. Tidur dengan terlentang untuk minggu pertama.

Tidur pada posisi ini tidak apa-apa untuk masa awal-awal kehamilan dikarenakan uterus ibu hamil belum melebar maka tidak akan melebar sehingga tidak dapat menyebabkan tekanan apapun pada vena cava,yaitu pembuluh darah yang berfungsi untuk membaha darah menuju kembali ke jantung).

Tetepi, setelah memasuki trimister kedua , posisi ini sebaiknya di hindari karena akan menyebabkan pusing dan mual dampaknya bagi si janin yaitu tidak baik dan beresiko menghambat penyaluran oksigen untuk si janin tersebut

2. Sebaiknya jangan tidur menindih perut setelah lewat trimester.

Pada posisi menindih perut ini jika dilakukan , maka akan tidak nyaman nantinya setelah uterus mulai melebar.Setelah melewati trimester pada masa kehamilan tidur menindih perut dapat membahayakan janin yang di kandung , nah sebaiknya tidurlah dengan posisi miring atau terlentang jangan menindihi perut

3.Ketika beranjak dari tempat tidur / kasur sebaiknya :

A. Saat posisi berbaring ternyata belum miring maka segeralah memiringkan posisi tidur.

B. Sebelum berdiri sebaiknya tarik nafas yang dalam.

Agar tidak merasa pusing ataupun mual sebaiknya kalau mau berdiri tarik nafas yang dalam sebelum bangun dari tempat tidur,hal ini juga bisa untuk meringankan rasa nyeri di bagian punggung yang nyeri

C. Mintalah tolong kepada pasangan atau siapa saja.

Saat kandungan sudah mulai besar , sebaiknya kalau mau berdiri supaya dibantu oleh pasangan / siapa saja , minta lah bantuannya suapaya memegang bagian lengan dan membantu untuk bangun dari tempat tidur dengan hati-hati dan perlahan

Nah itulah artikel kami tentang membahas posisi tidur ibu hamil yang dapat menyehatkan ibu maupun si janin tersebut , semoga artikel ini menambah kebarokahan dan semoga dapat bermanfaat untuk kita semua


Sekian semoga artikel Posisi tidur menyehatkan untuk ibu hamil dan janin dan tips ibu hamil bermanfaat khususnya untuk iba yang sedang hamil. Wassalamualaikum Wr.Wb


Search :
posisi tidur yang menyehatkan untuk ibu hamil dan janinnya
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan
posisi tidur untuk ibu hamil muda
posisi tidur untuk ibu hamil tua
posisi duduk yang baik untuk ibu hamil
posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 6 bulan
posisi tidur ibu hamil 3 4 bulan

Belum ada Komentar untuk "Posisi tidur menyehatkan untuk ibu hamil dan janin dan tips ibu hamil"

Posting Komentar

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays