Tata Krama / Adab Ketika Makan dan Minum Dalam Islam Yang Lengkap beserta riwayat hadistnya

https://www.islamagamaku45.id/2019/05/tata-krama-adab-ketika-makan-dan-minum-dalam-islam-lengkap-beserta-riwayat-hadist.html
Tata Krama / Adab Ketika Makan dan Minum Dalam Islam Yang Lengkap beserta riwayat hadistnya

Assalamualaikum Wr.Wb

Hello Gays bertemu lagi di islamagamaku45.id. Terimakasih telah datang kesini. Kali ini kami akan menerangkan tentang Tata Krama / Adab Ketika Makan dan minum dalam islam.

Tata Krama sendiri mempunyai arti aturan yang baik / prilaku yang baik , sama dengan halnya dengan adab/sopan santun.

Nah sebaiknya kalau kalian mempunyai anak yang masi kecil belum tau mana yang benar dan mana yang salah,belum tau mana yang baik,mana yang buruk , nah sebaiknya segera di ajarkan bagaimana cara Makan dan Minum tersebut.


Nah Kali ini kami akan membahas “Apa aja sih tata krama / Adab Ketika Makan dan Minum dalam islam beserta siapa yang meriwayatkan hadist tersebut”

Tata Krama atau Adab Ketika Makan :

1. Duduk dengan sopan (HR.Tirmidzi).

Nah duduk dengan sopan ketika makan itu perlu loh,jangan sampai makan duduknya seperti orang yang mau berak haha atau malah dengan tiduran itu jangan terjadi yahh

2. Makan dengan tangan kanan (HR.Muslim).

Biasanya si anak itu belum tau mana tangan yang digunakan untuk makan,nah sebagai orang tua selalu mengingatkan anak tersebut ya agar nanti besarnya si Anak tadi terbiasa makan dengan tangan kanan

3. Memulai makan dengan membaca basmalah (HR.Abu Daud) dan mengahiri dengan Hamdalah (HR.Tirmidzi).


Nah sebelumnya kalau makan sebaiknya si anak di ajari dengan cara kita sebagai orang tua itu memulainya “Ayoo dekk baca basmalah duluuu ,,,Bismillah” dan mengahiri nya dengan Hamdalah “Alkhamdulillah ...  Udah habisss anak mamah pintarr”

4. Mengambil makanan secukupnya dan dihabiskan (HR.Muslim , HR.At Tirmidzi).

Biasanya yang suka mengambil makanan yang banyak itu remaja,dewasa nah sebaiknya kalau mengambil makanan itu secukupnya saja , kalau nantipun masi kurang boleh kok nambah yang terpenting di perhatikan 1/3 untuk makanan 1/3 untuk minuman 1/3 untuk udara/oksigennya

5. Tidak meniup makanan (HR.Abu Daud).

Kalau biasanya makanan panas itu identik dengan di tiup nah sebaiknya jangan yaa karena nanti akan menghilangkan kebarokahan makanan itu sendiri loh

6. Memulai Makan dari tepi makanan.

Sebaiknya kalau makan itu dimulai dari tepi makanan jangan sampai dari tengah kalau dari tengah itu namanya gali sumur haha , nah kalau makan usahakan dari tepi makanan itu ya..

7. Tidak berbicara ketika mulut masih penuh makanan.

Kalau sedang makan memang sebaiknya tidak bicara dulu nikmati makanan dulu apalagi ketika mulut masih ada makanannya , sebaiknya telan dulu makanan itu
 

8. Tidak minum di sela-sela makan (Kecuali ketika ada suatu hal).

Kalau kita sedang makan sebaiknya minumnya nanti saja habiskan dulu makannnya , kecuali ada suatu hal mungkin kesedak atau sebagainya

9. Mengunyah makanan bibir tertutup sehingga kunyahannya tadi tidak bersuara(ngecap).

Nah ketika sedang mengunyah maka bibir itu tertutup agar tidak mengecap ketika makan

10. Mengambil kembali makanan yang jatuh di tempat yang bersih (HR.Muslim).

Ingat yaaa itu di tempat yang bersih,bukan di tempat yang kotor.Masa iya mau mengambil ketika makanan itu jatuh di tempat yang kotor ,contoh mungkin di kotoran ayam dll.

11. Tidak memasukan makanan kemulut sebelum makanan di dalam mulut habis.

Biasanya ini karena terburu-buru atau cepat-cepat nah sebaiknya ketika makan itu dinikmati saja jangan terburu-buru

12. Tidak ada suara benturan sendok,garpu dan piring.

Kalau sedang makan sebaiknya ya jangan sampai suara sendok itu di suarakan sehingga seperti tukang bakso keliling hehe

13. Tidak melakukan hal-hal yang jorok/tabu.

Contoh hal jorok/tabu ketika makan yaitu kentut,bersendawa,berdahak) sabaiknya di hindarkan

14. Ketika memberishkan makanan di gigi menutup mulut dengan tangan dan tidak membuangnya di hadapan orang lain.

Jangan sampai malah di buka lebar-lebar mulutnya ataubahkan malah dikeluarkan di dekat orang lian,sebaiknya jangan
 

15. Tidak mencela makanan (HR.Bukhori).


Kalau makanan itu tidak enak ya jangan di cela kalau gak suka ya gak usah di ambil , contoh “ Halahh makanannya gak enak aku gak suka di buang saja lah makanan ini “

16. Medoa kan kepada yang menjamu makanan.

Ketika kita di jamu oleh yang menjamu makanan ya suapaya kita mendoakan yang baik-baik  contoh : “Semoga rezky nya di berikan kemudahan,kebarokahan ya” Dll sebagainya
 

17.Dalam jamuan makan bersama :

A. Mendahulukan yang lebih tua
B. Bila akan mengambil makanan cukup dilihat tidak perlu disentuh atau dicium atau dihirup atau ditiup
C. Mengambil makanan yang terdekat
D. Tidak mengambil makanan yang dihidangkan dengan sendok yang sudah digunakan untuk makan
E. Tidak makan sambil bergurau

18. Dalam hal makan prasmanan.

Ketika makan prasmanan / mengambil sendiri , hendaknya mengambil makanan sewajarnya saja ,agar memberi kesempatan kepada yang lain untuk bisa mengambil makanana dengan mudah.

19. Hendaknya makanan yang mendekat pada muliut bukan mulut yang mendekat/menjemput pada makanan tersebut.


Tata Krama atau Adab Ketika Minum :

Untuk tata krama minum hampir sama dengan tata krama ketika makan,ditambah dengan hal-hal sebagai berikut :

1. Memegang gelas pada tangkainya.

Bila gelas itu bertangkai sebaiknya ketika minum pegang gelas itu di tankai gelas tersebut

2. Apabila disuguhkan cangkir dengan pisin(lepek),diusahakan meminum dengan sekaligus mengangkat pisinnya(lepeknya).

Ketika si penyuguh minuman tadi menyuguhkan sekaligus dengan pisinnya(lepeknya) maka ya sebaiknya di minum dengan sekaligus mengangkat pisinnya(lepeknya)

3. Tidak minum langsung dari bibir teko(nyucup) dan tidak menuangkan langsung ke dalam mulut(nglonggo).

Biasanya ada teko/tempat wadah air , maka tidak boleh langsung meminum dari bibir teko/nyucup atau bahkan langsung di tuangkan ke dalam mulut(nglonggo) itu tidak sopan.

4. Tidak bernafas ke dalam gelas dan tidak meneguk/meneggak minuman sekali habis.

Kalau kita bernafas maka CO2 yang ada akan menempil di air yang akan kita minum dan kalau minum itu sebaiknya (maksimal  3 kali tegukan , istirahat ,3 kali tegukan lagi dst )

5. Ketika minum, air minum tidak boleh digunakan untuk berkumur terlebih dahulu.

Mungkin ada kotoran di mulutnya sehingga ketika minum dikumur-kumurkan nah itu tidak baik.

Search :
Tata Krama / Adab Ketika Makan dan Minum Dalam Islam Yang Lengkap beserta riwayat hadistnya
Adab Makan dan minum dalam islam
Adab Makan dan minum menurut islam
Adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari
Adab makan dan minum Rosululloh
Riwayat adab makan dan minum
sebutkan tata krama makan dan minum yang benar




Belum ada Komentar untuk "Tata Krama / Adab Ketika Makan dan Minum Dalam Islam Yang Lengkap beserta riwayat hadistnya"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus