Fakta Dampak Buruk Menkonsumsi Minuman Keras (Miras)

Fakta Akibat Buruk Menkonsumsi Minuman Keras (Miras).
Fakta Akibat Buruk Menkonsumsi Minuman Keras (Miras).

Ilmu Barokah - Minuman keras (Miras) itu dilarang dalam Islam sebab memiliki banyak sekali mudharatnya atau akibat buruknya daripada manfaatnya. Berikut ini beberapa akibat buruk yang disebabkan apabila seseorang sering sekali mengkonsumsi minuman keras (Miras).

Fakta Akibat Buruk Menkonsumsi Minuman Keras (Miras) :


Menkonsumsi Minuman Keras dapat menyebabkan efek kecanduan.

Minuman keras (Miras) itu mengandung alkohol atau ethanol dan alkohol itu termasuk dalam kategori zat adiktif atau disebut dengan zat yang dapat menyebabkan efek kecanduan. Seandainya jika tidak meminumnya dalam sehari saja maka seseorang yang biasa mengkonsumsi minuman keras (Miras) maka akan merasakan efek gelisah,tidak tenang dan tidak nyaman.Sehingga sulit mengatasi rasa kecanduannya tersebut dan dia si pengkonsumsi tersebut  akan terus meminum alkohol untuk bisa mengatasi kegelisahanya.

Menkonsumsi Minuman Keras dapat merusak kesehatan.

Bahaya yang ditimbulkan mengkonsumsi minuman keras tidak hanya dalam jangka pendek saja tetapi dalam jangka waktu yang panjang juga. Termasuk Organ hati yang berfungsi menetralkan racun dapat mengalami kerusaan / gagal fungsi , jika seseorang terus menerus mengkonsumsi alkohol.

Benyak sekali ada berita orang yang meninggal dikarenakan kasus minuman keras seperti yang sering kita dengar di media massa , tentang orang yang meninggal setelah mengkonsumsi minuman keras oplosan atau minuman keras yang dicampur oleh zat lain yang berbahaya jika dikonsumsi. Oleh karena itulah Agama Islam memerintahkan menjauhi minuman keras.

Menkonsumsi Minuman Keras dapat merusak keamanan dan ketertiban pada masyarakat.

Sering sekali kita telah mendengar berita tentang seseorang yang telah melakukan perbuatan kriminal yang dalam keadaan mabuk atau tidak sadarkan diri. Orang-orang yang mabuk atau tidak sadarkan diri utamanya yang berkelompok sering sekali membuat keributan dengan masyarakat contohnya dia memicu perkelahian dan tawuran antar warga sekitar. Perilaku tersebut sebenarnya dapat dihindari dengan cara menjauhi minuman keras. lebih parahnya lagi jika perilaku mabuk dapat menjerumuskan pada dosa yang lebih besar lagi yaitu pada perbuatan zina.

Menkonsumsi Minuman Keras dapat menurunkan produktifitas.

Minuman keras (Miras) dapat menjadikan seseorang menurunkan tingkat produktifitasnya dalam segi sosial dan ekonominya. Seseorang yang biasa mengkonsumsi minuman keras (Miras) akan sulit sekali berkonsentrasi pada apa yang dikerjakannya atau rutinitasnya dan tentu saja dia akan menerapkan hidup boros sebab uang yang dia miliki akan dipergunakan untuk membeli minuman keras yang mahal harganya dan jika tidak punya uang dia akan nekat mencari sesuatu agar dia bisa membeli minuman keras tersebut bisa saja dengan mencuri,menjual barang tetangganya dan lain sebagainya.

Menkonsumsi Minuman Keras dapat Merusak generasi bangsa.

Alkohol itu hampir sama  dengan efek obat-obatan terlarang atau disebut dengan narkoba yang bisa menyebabkan terjadinya kecanduan meskipun efeknya berbeda. Perbuatan mengkonsumsi alkohol yang dilakukan oleh generasi muda atau para remaja itu dapat merusak moral dan pikirannya sendiri. Maka Hindarilah jauh-jauh minuman keras terutama dari sekitar anak-anak dan remaja.

Dengan demikian kita mengetahui bahwasanya minuman keras diharamkan dalam islam karena efek dari dampak buruk jika minuman keras dikonsumsi bagi peminumnya.Semoga artikel ini bermanfaat untuk generasi muda Indonesia khusunya

Belum ada Komentar untuk "Fakta Dampak Buruk Menkonsumsi Minuman Keras (Miras)"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus