Pengertian Minuman Keras (Miras) dan Jenis Minuman Keras Yang Dilarang islam

Pengertian Minuman Keras (Miras) dan Jenis Minuman Keras Yang Dilarang islam
Pengertian Minuman Keras (Miras) dan Jenis Minuman Keras Yang Dilarang islam
Ilmu Barokah - Agama Islam mengatur semua jenis aspek dalam kehidupan manusia baik dalam pekerjaan,sosial,bermasyarakat,tak terkecuali makanan dan minuman. Di dalam Agama Islam ada macam-macam makanan dan minuman yang diharamkan karena mudharatnya / bahayanya / tidak manfaatnya itu lebih besar daripada manfaatnya.

Termasuk Beberapa jenis makanan yang diharamkan diantaranya yaitu daging babi/celeng, darah, bangkai hewan (kecuali ikan dan belalang), binatang melata dan lain sebagainya. Sementara itu jenis minuman yang diharamkan yaitu termasuk minuman keras atau yang pada umumnya dikenal sebagai minuman beralkohol (Miras). Untuk lebih mengerti tentang minuman keras (Miras) , bagaimana hukumnya dalam Islam dan macam-macam miras yang dilarang Islam.

Pengertian Minuman keras.

Minuman keras (Miras) atau minuman beralkohol yaitu minuman yang didalamnya terdapat zat alkohol atau disebut ethanol. Minuman beralkohol atau ada zat ethanol tersebut dihasilkan dari sebuah proses fermentasi atau ada penambahan zat alkohol didalamnya dan jika dikonsumsi dapat terhadinya hilang kesadaran (mabuk).minuman keras (Miras) dapat dibuat secara alami maupun kimiawi dan juga bisa debuat dari bahan-bahan alami seperti beras, anggur, singkong (Tape) , dan buah-buahan lain yang dapat difermentasikan.

Pengertian Proses Fermentasi.

Pengertian Proses fermentasi itu sendiri yaitu sebuah proses perubahan karbohidrat menjadi gula sederhana dan juga menghasilkan zat ethanol sebagai zat sampingan atau residu. Zat ethanol inilah yang dapat menyebabkan seseorang menjadi mabuk karena zat ini mampu menekan sebuah sistem saraf puasat dan menjadikan seseorang yang mengkonsumsinya menjadi hilang kesadarannya. Dalam Islam istilah minuman keras (Miras) dikenal dengan sebutan nama khamr yang dalam bahasa arab mempunyai arti menutupi akal dan menghilangkannya (dapat menghilangkan kesadaran.

Jenis Minuman Keras Yang Dilarang Islam :

Kebiasaan meminum minuman keras (Miras) telah terjadi sejak zaman dahulu kala dan tekah disebutkan dalam sebuah sejarah , seperti pada masa rasulullah SAW dan nabi-nabi sebelumnya . Ada banyak sekali jenis-jenis minuman keras yang telah tersebar di seluruh dunia dan minuman keras ini dapat dibagi dalam tiga jenis golongan yaitu :

Jenis Minuman keras Golongan A :

Minuman keras Golongan A yaitu golongan pertama minuman keras yang memiliki kadar alkohol atau ethanol yang terendah yaitu hanya terdapat 1 sampai 5% alkohol atau ethanol saja. Minuman ini biasanya banyak dijumpai dipasaran mulai dari toko hingga minimarket atau supermarket di lingukgan Anda. Walaupun jika minum tidak menyebabkan efek memabukkan tetapi tetap saja golongan ini berbahaya bagi kesehatan.

Jenis Minuman keras Golongan B :

Jenis Minuman keras Golongan B atau disebut golongan kedua yaitu minuman keras (Miras) yang mempunyai kadar alkohol 5 sampai 20%. Contohnya minuman keras golongan ini yaitu anggur atau wine seperti riesling, red wine dan lain sebagainya. Minuman keras (Miras) golongan B atau golongan kedua ini bisa menjadikan sangat memabukkan kalau diminum dengan takaran yang tinggi dan bagi yang belum terbiasa meminum minuman ini.

Jenis Minuman keras Golongan C :

Jenis Minuman keras Golongan C atau disebut golongan ketiga minuman keras yaitu jenis minuman keras yang paling banyak kadar alkoholnya yaitu mengandung 20 sampai 45%. Minuman keras yang termasuk dalam golongan ini termasuk adalah red label, wiskey, bir,vodka  dan lain sebagainya.

Dengan demikian kita telah mengetahui pengertian meminum minuman keras (Miras) dan Jenis-jenis minuman keras yang diharamkan dalam islam.Sebenarnya masih banyak lagi contoh minuman keras yang dapat menghilangkan akal.Intinya segala sesuatu yang menyebabkan terjadinya kehilangan kesadaran atau akal itu dilarang oleh Agama Islam.Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya




Belum ada Komentar untuk "Pengertian Minuman Keras (Miras) dan Jenis Minuman Keras Yang Dilarang islam"

Posting Komentar

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays