7 Cara Mendapatkan ilmu yang Barokah yang wajib di Coba!

7 Cara Mendapatkan ilmu yang Barokah yang wajib di Coba!
7 Cara Mendapatkan ilmu yang Barokah yang wajib di Coba!
Ilmu Barokah - Hello semuanya kali ini kita akan membahas sesuai judul blog kita yaitu “ Ilmu Barokah “. Nah kali ini kita akan membahas bagaimana cara mendapatkan Ilmu yang Barokah? .Secara bahasa arab, barokah berarti ‘banyak manfaatnya. Menurut para ulama, barokah adalah sesuatu yang ada kebaikan yang bersifat ilahiyah (tidak terlihat) dalam sesuatau perkara ataupun pekerjaan.

Pengertian barokah tersebut tidak jauh berbeda dengan pendapat dari Imam Al-Ghazali bahwa barokah merupakan ziyadatul khair yang berarti ‘bertambahnya kebaikannya. Dengan demikian, barokah tidak dapat dilihat secara mata, namun bisa dirasakan yang mendapatkan ke”Barokahan” tersebut.

Apabila sesuatu dirasakan bertambah kebaikannya, sekalipun secara pandangan mata tetap atau bahkan berkurang, maka sesuatu itu bernilai barokah. Hal tersebut dapat berlaku dalam segala hal, termasuk Ilmu pengetahuan dalam pendidikan (keduniaan) maupun Ilmu pengetahuan dalam bidang Agama.

Seseorang yang mempunyai ilmu, banyak ataupun sedikit, dan bermanfaat bagi diri individunya ataupun orang lain, maka ilmunya tersebut termasuk barokah. Banyak sekali contoh orang zaman dahulu yang dulunya lulus pendidikan dasar, tetapi kemudian menjadi ulama yang besar dan termasyhur atau terkenal. Bahkan mendirikan pondok pesantren dan menjadi pondok pesantren yang banyak diminati oleh para pencari ilmu.

Ilmu yang barokah itu haruslah dipelajari dengan hati bukan hanya dengan akal saja. Sehingga ilmu yang mereka dapat bisa benar-benar menyatu pada jiwa dan perilakunya dan akan mengamalkan yang baik-baik, serta bermanfaat dalam kehidupannya.

Bahkan ada juga contoh beberapa ulama yang dulunya tidak belajar waktu mondok dan hanya menggembala kambing sang guru (mengembala ternak milik gurunya), tetapi menjadi ulama yang besar dan terkenal. Hal itulah yang dimaksud dengan barokah guru sebagai imbalan dari rasa ta’dzhimnya (mengagungkannya) seorang murid terhadap gurunya, yang tidak dapat dijelaskan dengan akal manusia. Dengan kata lain, barokah adalah rahasia Allah yang Mahakuasa.

Berikut ini adalah 7 cara agar kita mendapat ilmu yang barokah dan kebarokahan dari ilmu bisa di praktekan :


1. Niat dan Ikhlas karena Allah.

Niat merupakan awal segala perbuatan kita. Jika niatnya itu baik, maka baik juga amalnya, dan sebaliknya, jika mempunyai niat yang jelek, maka jelek juga amalannya.Sebagaimana telah dikatakan bahwa sesungguhnya amal seseorang itu tergantung apa yang dia niatkan.

Sementara jika kita cerminkan, banyak sekali kita temui di zaman sekarang ini anak-anak yang menempuh pendidikan itu hanya untuk memperoleh nilai yang bagus dan ijazah saja. Dan ada pula yang hanya ingin punya pekerjaan (keduniaan).

Padahal yang sebenarnya niat utama haruslah mencari ilmu karena Allah. Jika ilmu dan mencari ridha Allah didapatkan, maka Insyaallah Allah akan mempermudah pula mendapat nilai yang bagus, ijazah dan pekerjaan yang baik.

Lantas apakah niat karena Allah itu ?

Niat karena Allah yaitu Semata-mata ingin mengharapkan Rohmat Allah (surga) , dan takut akan siksnya Allah yang berupa neraka. Jadi segeralah dalam urusan ibadah kalau tidak niat karena Allah sebaiknya ditinggalkan saja utamanya disini yaitu mencari Ilmu (Agama).

2. Takwa kepada Allah.

Manusia mencari ilmu haruslah bertakwa kepada Allah (melakukan printahnya , menjauhi larangannya) mendekatkan dirinya dengan ibadah kepada Allah. Mengapa harus seperti itu? Karena utamanya dari mencari ilmunya seseorang yaitu untuk mendapatkan jalan dengan Allah

Maka tidaklah heran jika ilmu agama itu lebih utama daripada ilmu umum lainnya (Ilmu Alam). Dengan demikian maka seorang murid harus mendekatkan diri kepada sang pencipta untuk mendapatkan hakikat ilmu yang barokah (ilahiyah).

3. Menjauhkan Diri dari Sifat-sifat Tercela.

Di zaman sekarang ini banyak sekali anak-anak yang melakukan tawuran, pergaulan yang bebas, memukul gurunya , berbuat maksiat lainnya. Manusia mempunyai hati,hati sebagai rumah pertama bagi ilmu seseorang yang harus dibersihkan dari hal-hal yang kotor. Sehingga ilmu mudah bersarang dan didapat dengan hati yang bersih dari sifat-sifat tercela.

4. Mencari Ilmu dari orang yang Ahlinya.

Yang dimaksud disini ahlinya adalah orang yang ahli di bidang ilmu tersebut, bukan hanya setengah-setengah saja tetapi betul-betul menguasinya. Sehingga kata ahlinya juga bisa juga orang yang benar-benar yang tau pada ilmunya dan penerapannya.

5. Tidak Meremehkan Wali Allah.

Maksudnya Wali Allah disini yaitu seorang Guru , perlu bagi seorang pencari ilmu untuk menghormati, mengaggungkan dan bahkan mendoakan para wali Allah tersebut. Kenapa Demikian? Karena seorang penyampaian ilmu itu seperti halnya piramida yang ujung itu semua ilmu dari Allah.

Contoh Piramida mencari ilmu ada seorang guru itu memiliki guru, guru memiliki guru, terus ke wali, tabiit tabiin, para sahabat, Nabi hingga sampai pada Allah SWT.

6. Hormatilah Seorang Guru.

Ada pribahasa mengungkapkan bahwa seseorang jika ingin menginginkan sesuatu, maka harus mencintai sesuatu itu terlebih dahulu. Sedangkan dalam sebuah pendidikan antara ilmu dan guru itu menjadi satu. Ilmu terdapat pada seorang guru.Sehingga jika kita ingin memperoleh ilmu yang dimaksud, maka harus juga menghormati guru tersebut.

7. Selalu Tekun dalam Belajar dan Dapat Mengamalkannya.

Utamanya dari mencari ilmu itu terletak pada pengetahuannya dan kemudian dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, walaupun ilmunya hanya sedikit. Karena ilmu yang dipelajari dari seseorang walaupun tidak diamalkan, itu akan sia-sia.

Artikel ini ditulis dengan sedetailnya, demikianlah artikel tentang 7 cara mendapatkan ilmu yang barokah yang wajib di coba!. Semoga artikel ini bermanfaat dan kita semua bisa mencari ilmu yang barokah dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari kita.

2 Komentar untuk "7 Cara Mendapatkan ilmu yang Barokah yang wajib di Coba!"

  1. setealah membaca ini baru ngerti mencari ilmu agar barokah, terimah kasih gan

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah setelah saya baca artikel ini mendapatkan pencerahan. Mudah - mudahan saya bisa mempratekkannya nanti. Terimakasih ilmunya gan

    BalasHapus

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays