Budi Luhur Sebagai Ajaran Agama Islam Yang Harus Anda Lakukan!



Ilmu Barokah
- Sehubungan dengan kemajuan zaman, yang mana khususnya terkait degan globalisasi telah terjadi pergeseran nilai-nilai budi pekerti di masyarakat. Sesuatu sikap atau perbuatan yang tadinya dipandang tabu seperti berpakaian seronok, karena dampak globalisasi telah menjadi sesuatu yang biasa, yang tadinya dipandanghal yang memalukan seperti kawin di luar nikah, karena pandainya iblis mengemas godaannya, sekarang ini telah menjadi hal yang biasa dan lain sebagainya.

Akan tetapi kita sebagai orang iman haruslah memahami bahwa budi luhur atau budi pekerti yang baik bukanlah sekedar sebagai kultur yang bisa berubah karena kondisi, waktu, tempat. Akan tetapi budi luhur haruslah di pandang dan difahami sebagai ibadah yang menjadi perintah Allah dan Rosulnya.

Sebagai firman Allah bahwa nabi Muhammad SAW panutan orang islam dan sosok seorang yang berbudi pekerti yang luhur. Firman Allah dalam surat Al-Qolam ayat 4.


Artinya :
“ Sesungguhnya engkau (Muhammad) niscaya diatas budi pekerti yang agung (luhur) “.

Lebih tegas lagi, Nabi Muhammad SAW sendiri diutus oleh Allah SWT dalam rangka untuk menyempurnakan budi pekerti atau akhlak sebagaimana diriwayatkan dari Rosululloh SAW dalam hadist Baihaqi.

Artinya:
“ Sesungguhnya aku (Muhammad) diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia ”.

Bahkah seorang muslim dinilai tidaklah menjadi muslim yang sempurna jika dia tidak berbudi pekerti yang luhur, sebagaimana dalam hadist ibnu majah berikut ini:

Artinya:
“ Dan berbuat baiklah pada orang yang menjadi tetanggamu maka jadilah engkau orang islam yang sempurna “.

Dengan demikian mengamalkan budi luhur bukanlah semata-mata urusan kemasyarakatan, urusan sosial atau pergaulan, akan tetapi mengamalkan budi luhur adalah menetapi ibadah sebagaimana diperintahkan atau diajarkan oleh Allah dan Rosululloh SAW.

Selain itu, budi luhur bukan hanya menjadi tanggung jawab institusional semata, akan tetapi justru yang lebih penting lagi merupakan tanggung jawab individu muslim dan besar pahalanya bagi muslim yang selalu mengamalkan sikap atau perilaku budi luhur.

Hal ini tersurat dalam hadist bahwa Orang Iman yang memiliki Akhlaqul karimah mendapatkan kedudukan derajat yang mulia baik di kalangan manusia maupun di sisi Allah. Sebagaimana hadist ibu majah berikut:

Artinya:
“ Kemulyaan seorang mukmin adalah agamanya dan keperwiraanya adalah akalnya dan kebangganya adalah budi pekertinya ”.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa;

1. Terkait dengan perubahan dunia sebagai dampak globalisasi, kewajiban berbudi luhur tidak berubah kewajibannya karena waktu atau dengan kata lain Globalisasi tidak mengeliminir sikap sosial manusia untuk tetap harus berbudi luhur, yang bergeser mungkin adalah nilai0nilai budi luhurnya terkait dengan norma dan etika.
2. Budi luhur sama sekali tidak ada kaitannya dengan takut atau berani dalam menetapi ibadah kepada Allah dan Rosul.
3. Nilai-nilai norma dan etika tidak boleh bertentangan dengan aturan yang diatasnya, yaitu aturan agama dan aturan perundangan.

Demikian artikel tentang Budi Luhur Sebagai Ajaran Agama Islam, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita tentang berbudi luhur berkehidupan di masyarakat dan menjadikan kebarokahan.Aamiin.

1 Komentar untuk "Budi Luhur Sebagai Ajaran Agama Islam Yang Harus Anda Lakukan!"

  1. Alhamdulillah meski jauh menurut ruang dan waktu, Allah SWT via mimbar ini memberkahi ajaran membentuk hidup yang bijak dan bermanfaat untuk melestarikan Pancasila dan dienul Islam. Terima kasih amalan ilmunya, mari kita jaga NKRI. Asw.

    BalasHapus

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus