Cara Bijak Dalam Menggunakan Gadget Yang harus Anda Coba

Cara Bijak Dalam Menggunakan Gadget Yang harus Anda Coba
Cara Bijak Dalam Menggunakan Gadget Yang harus Anda Coba
Ilmu Barokah - Telah kita mengetahui bersama, bahwa sebenarnya perkembangan zaman akhir dengan modernisasinya telah banyak menawarkan pada kita berbagai macam bentuk alat teknologi modernisasi yang begitu canggih. Termasuk dalam hal ini adalah gadget, perlu Anda ketahui dampak Negatif Penggunaan gadget dan juga Cara Bijak dalam menggunakan smartphone atau gadget. Dalam artikel kali ini Saya akan menerangkan cara yang bijak dalam menggunakan gadget dalam hal apa saja utamanya dalam hal keimanan kita sebagai muslim yang baik.


Cara Bijak Dalam Menggunakan Gadget


1. Menggunakan semaksimal mungkin untuk kelancaran ibadah, belajar dan bekerja.

Menggunakan semaksimal mungkin untuk kelancaran ibadah, belajar dan bekerja
Menggunakan semaksimal mungkin untuk kelancaran ibadah, belajar dan bekerja

Kemajuan teknologi pada prinspipya dilahirkan untuk mempermudah dan membantu perkerjaan manusia, sehingga perkembangan gadget saat ini yang diikuti dengan perkembangan teknologi pendukungnya sebenarnya berisikan banyak hal yang positif. Hal inilah seharusnya dimanfaatkan oleh kita semuanya, dengan kemudahan yang terdapat dalam penggunaan gadget seharusnya dapat melancarkan untuk urusan yang positif seperti sekolah, kuliah, bekerja, membantu kesuksesan usahanya (bisnis online) dan lebih penting untuk urusan ibadah.

Kecanggihan yang terdapat dalam gadget dapat dimanfaatkan untuk mendownload atau mengunduh file atau data yang bermanfaat, seperti suara membaca Al-Qur’an dari qori’ yang memiliki suara merdu dan bertajwid sehingga bisa membantu dalam menghafal Al-Qur’an. Kapasitas penyimpanan yang relatif besar dapat digunakan untuk menyimpan hal-hal yang positif, seperti nasehat, murotal dan lain sebagainya. Kepraktisan dan hematnya biaya dalam berkomunikasi dapat digunakan untuk melancarkan kegiatan kita sehari-hari, seperti memberikan informasi tentang kabar dari saudara, bisnis online, dalam bekerja dan lain sebagainya.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa, saat ini banyak situs (alamat di internet) yang dapat digunakan untuk mempermudah mendapatkan referensi materi belajarnya. Dengan beberapa referensi itu dapat membantu dalam menyelesaikan tugas-tugas belejarnya dan bahkan biayanya jau lebih murah djika di bandingkan dengan membeli buku, dan juga dapat mencari informasi terkait banyaknya tawaran beasiswa di bebrapa perguruan tinggi, baik di dalam atau di luar negeri. Demikian pula jika kita dapat memanfaatkan berbagai informasi tentang peluang dan kiat menjadi pengusaha yang sukses, maka akan sangat membantu dalam usaha kita.

Dengan selalu fokus terhadap informasi positif yang hendak kita cari di dunia maya saat ini menggunakan gadget, akan membantu kita dalam memanfaatkan gadget. Terkadang tayangan-tayangan yang mengarah pada pornografi sengaja disisipkan dalam bentuk iklan, maka kita harus selalu berupaya mengabaikan bentuk informasi atau tayangan negatif yang muncul secara tiba-tiba tersebut. Dengan selalu berupaya menjaga kedua mata kita dari hal-hal yang diharamkan untuk dilihat maka kita akan diselamatkan Allah dari ancaman api neraka.

Sabda Nabi SAW yang di riwayatkan abu Raihanah dalam hadist berikut ini :

Artinya :
" Neraka diharamkan atas mata yang mengalirkan air mata karena takut kepada Allah, neraka diharamkan atas mata yang terjaga (tidak sempat tidur) di dalam urusan Sabilillah (agama Allah). Abu Raihanah berkata : Aku lupa isi hadist yang ketiga. Abu Syuraih berkata : Setelah itu aku mendengar Abi Raihanah berkata : Neraka diharamkan atas mata yang terpejam dari sesuatu yang diharamkan Allah atau mata yang dicukil di dalam Sabilillah.
Dengan demikian insya Allah kita bisa selamat dari bentuk-bentuk tayangan yang mengarah pada perbuatan melalaikan Allah dan kemaksiatan, serta dapat mengambil manfaat dari kecanggihan gadget untuk kelancaran ibacah, kelancaran belajar dan kelancaran pekerjaan kita".

2. Membuat batasan waktu pengguaan gadget.

Membuat batasan waktu pengguaan gadget
Membuat batasan waktu pengguaan gadget

Dengan semakin berkembagnya teknologi di dunia informasi dan komunikasi, maka pengguna gadget pun banyak dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang semakin menyenangkan, mulai fasilitas pengiriman pesan, pemutar audi-video dan permainan atau game. Banyak pengguna gadget yang waktunya habis digunakan untuk mengoprasikan gadget tanpa ada tujuan yang jelas, sehingga melupakan tugas-tugas utamanya baik yang masih berstatus pelajar atau mahasiswa, maupun yang sudah berumah tangga sekalipun.

Seorang yang sudah berkeluarga mempunyai tanggung jawab yang besar pada keluarganya. Suami sebagai kepala keluarga mempunyai tanggung jawab mecarikan nafkah, meramut, mengarahkan pada istri dan anak-anaknya. Laki-laki yang sudah berkeluarga haruslah menyadari bahwa kondisinya sudah berbeda dengan seorang yang bujangan (orang yang belum menikah), maka dalam menggunakan gadgetpun haruslah mengarah pada kemanfaatan bagi dirinya dan keluarganya.

Demikian halnya bagi seorang perempuan yang sudah berusami, dia mempounyai tanggung jawab untuk menjaga kehormatan dirinya dan suaminya, menyiapkan makanan sehari-hari bagi suami dan anak-anaknya, serta kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat yang berkaitan dengan rumah tangganya. Agar tugas-tugasnya sebagai seorang ibu rumah tangga tidak terbengkalai, maka sorang ibu dalam menggunakan gadget juga haruslah lebih bijaksana sehingga keluarganya tetap utuh, harmonis serta terwujudnya ketenangan dan kesejukan di dalam rumah.

Sebagai seorang pelajar atau mahasiswa seharusnya waktu-waktu luangnya dimanfaatkan untuk istirahat, mengulang atau membaca kembali pelajaran atau meteri kuliahnya. Namun terkadang dengan alasan refreshing mereka menggunakan waktu luang itu secara terus menerus untuk memutar lagu, menonton film dan bermain game dengan berbagai jenis permainan yang terpasang di dalam gadgetnya. Sehingga kebiasaan seperti inilah jika dilakukan secara terus-menerus dapat menimbulkan ketagihan. Agar tidak terjadi seperti itu maka penggunaan gadget harus dibatasi oleh dirinya sendiri, bisa memanfaatkan waktu luang untuk belajar, menambah keilmuannya, menghafal alquran, berdoa, berdzikir dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

3. Menjaga diri dan kehormatannya ketika berinteraksi di dalam media sosial.

Menjaga diri dan kehormatannya ketika berinteraksi di dalam media sosial
Menjaga diri dan kehormatannya ketika berinteraksi di dalam media sosial

Menjalin pertemanan dalam media sosial saat ini sudah menjadi trend kehidupan seseorang bahkan cenderung menjadi kebanggan ketika terhitung memiliki teman ataupun followers dengan jumlah yang banyak. Pertemanan dalam media sosial dapat dijalin secara bebas antara laki-laki dan perempuan bahkan cenderung tanpa batas. Awal terjadinya beberapa bentuk kemaksiatan antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahromnya, seperti saling berkirim chat yang mesra, beririm foto bahkan sampai berkirim video atau bisa juga saling Video-Call. Dengan melakukan perbuatan seperti itu sama halnya memberi kesempatan kepada iblis untuk merusak keimanan.

Peringatan dari Nabi SAW tentang berduaan antara laki-laki dan perempuan yang di riwayatkan dalam hadist Baihaqi

Artinya :
" Dan janganlah sekali-kali salah satu kalian berduaan dengan seorang permepuan, maka sesunguhnya setan menjadi orang ketiga dari keduanya".

Kita sebagai orang iman yang telah dimuliakan oleh Allah haruslah bisa menjaga kehormatan diri kita, dengan selalu menjaga diri kita dari segala perbuatan yang bisa mengakibatkan dosa. Menjalin pertemanan dalam media sosial antara laki-laki dan perempuan yang bukan mahromnya haruslah lebih berhati-hati, mengetahui batasan-batasan dalam berkomunikasi dan tidak memberi komentar yang mana bisa mengarah pada perbuatan maksiat.

Sebagai pengguna media sosial kita juga harus lebih bijaksana dan mempertinmbangkan dengan sungguh-sungguh saat akan mengupload foto pribadi maupun status. Seorang perempuan yang terlalu narsis (membanggakan diri sendiri secara berlebihan) dalam mengupload foto pribadinya maupun mengupdate setatusnya dapat mendatangkan madhorot (dampak jelek) bagi dirinya. Pada haikinya segala sesuatu yang ada pada diri seorang perempuan itu semuanya adalah aurot, maka harus lah benar-benar dijaga kehormatannya agar tidak dijadikan umpan oleh iblis dalam merusak manusia.

Sabda Nabi SAW prihal perempuan yang diriwayatkan dalam hadist Tirmidzi.

Artinya :
" Perempuan adalah aurot, maka ketika dia keluar (rumah) syetan akan menghias-hiasi pada diri perempuan tersebut".

Dan juga dalam riwayat muslim yang mengenai prempuan

Artinya :
" Sesungguhnya wanita itu menghadap ke depan dalam bentuk syetan dan ke belakang dalam bentuk syetan.
Ketika wanita itu datang maka setan duduk diatas kepalanya lalu menghiasi untuk orang yang melihatnya, dan ketika wanita itu pergi maka setan duduk dibagian belakangnya lalu menghiasi untuk orang yang melihatnya".

Begitu pula bagi seorang laki-laki yang menjalin pertemanan dengan perempuan lain yang bukan mahromnya, agar bisa membatasi diri dan lebih bijaksana dalam memberi komentar atas segala hal yang di upload oleh teman perempuannya. Komentar dari seorang laki-laki terhadap perempuan yang bukan mahromnya yang berisi sanjungan atau pujian, terkadang diartikan secara berlebihan oleh perempuan tersebut (karena prempuan selalu menggunakan perasaan dari pada logika). Terlebih lagi jika kalimat sanjungan atau pujian tersebut disampaikan kepada perempuan yang sudah berstatus mempunyai suami. Hal ini dapat membuka angan-angan yang negatif dari perempuan yang menerima sanjungan tersebut.

Sebagai orang iman haruslah bisa menjaga diri, keluarga dan juga keutuhan keluarga saudaranya dari segala bentuk cobaan yang bisa mengganggu keharmonisan dan kedamaian rumah tanngganya. Ketika kita bisa menjaga kehormatan perempuan yang menjadi tanggung jawab orang lain, maka prempuan-perempuan yang menjadi tanggung jawab kita juga akan dijaga oleh Allah.

Sabda Nabi SAW tentang menjaga perempuan dari perbuatan maksiat yang diriwayatkan Atthobroni :

Artinya  :
“ Terjagalah kalian (dari perempuan) maka perempuan (istri dan anak perempeuan ) kalian akan terjaga dan berbuat baiklah kalian pada bapak-bapak kalian maka anak0anak kalian akan berbuat baik pada kalian”.


1 Komentar untuk "Cara Bijak Dalam Menggunakan Gadget Yang harus Anda Coba"

  1. Orang tua harus membaca ini, seharusnya untuk anak-anak bisa lebih dijaga lagi oleh orang tua prihal menggunakan gadget.

    BalasHapus

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays