Mengapa Islam Melarang Pacaran?

Mengapa Islam Melarang Pacaran?
Mengapa Islam Melarang Pacaran?

Ilmu Barokah - Pacaran mungkin terbilang sangat umum dikalangan remaja milenial saat ini. Namun tahukah kamu, bahwa seorang muslim itu dilarang untuk melakukan pacaran. Mengapa Islam Melarang Pacaran ?

Mengapa Islam Melarang Pacaran?

Ketertarikan kepada lawan jenis dikala masa pubertas itu merupakan hal yang wajar, karena kita secara alami sudah bertumbuh menjadi dewasa.

Namun yang perlu anda ketahui, bahwa menjatuhkan hati kepada lawan jenis itu bukanlah hal yang dibenarkan jika mengikat suatu hubungan dengan istilah pacaran.

Yah.. memang dorongan syahwat atau hawanafsu terus memicu untuk selalu melalukan hal demikian. Namun kamu wajib menahan, karena dorongan itu merupakan bujukan syetan.

Lantas kenapa islam melarang umatnya melakukan pacaran?


Berikut ini mimin Ilmu Barokah akan uraikan alasan Sederhana Islam melarang Pacaran. Pacaran merupakan hal yang buruk jika dilakukan sebelum terjalin nya akad nikah. Dengan pacaran kita bisa terjerumus ke hal-hal yang buruk atau disebut maksiat, berikut kenapa islam melarang pacaran.

1. Termasuk Golongan Zina.

Pacaran masuk kategori zina lantaran kita secara tidak langsung akan memagang tangan yang bukan muhrim kita.

Tak terlepas dari itu pacaran juga akan mendorong ke zina yang besar. Sedangkan islam sendiri melarang umatnya untuk mendekati zina, seperti dalam hadits berikut ini ;

Baginda Rasulullah SAW telah bersabda dalam Hadsit Bukhori :
Tercatat atas anak Adam nasibnya dari perzinaan dan dia pasti mengalaminya. Kedua mata zinanya melihat, kedua teling zinanya mendengar, lidah zinanya bicara, tangan zinanya memaksa (memegang dengan keras), kaki zinanya melangkah (berjalan) dan hati yang berhazrat dan berharap. Kesemua itulah dibenarkan (direalisasi) oleh kelamin(sudah masuk) atau digagalkannya. (HR Bukhari).

Tak hanya itu dalam kitab suci Al-Qur'an juga di tegaskan sebagaimana fiirman Allah dalam surat Al-Isro’ ayat 32:

Artinya: “Dan jangalah kalian dekat-dekat dengan zina, karena sesungguhnya zina itu merupakan perbuatan yang keji dan sejelek-jeleknya jalan” (Q.S. Al Isro’ : 32)

2. Membuat Kemurkaan Allah SWT.

Jelas pacaran membuat Allah Swt murka, karena pacaran merupakan zina, bahwa zina merupakan dosa yang sangat besar.

Rasulullah SAW bersabda dalam riwayati Baihaqi :
“Wahai golongan orang-orang islam, takutlah kamu sekalian pada perbuatan zina, maka sesungguhnya di dalam perbuatan zina ada enam akibat, tiga akibat dirasakan didunia dan tiga akibat dirasakan di akhirat. Adapun akibat di dunia adalah hilangnya kewibawaan, kekalnya kefakiran dan pendeknya umur. Adapun akibat di akhirat adalah menjumpai murka Allah, jeleknya hisaban dan kekal di dalam neraka.” (HR Baihaqi)

3. Membangkitkan Nafsu (baik laki-laki maupun permpuan).

Mereka yang telah melakukan perbuatan pacaran pasti mereka akan memancing nafsu masing-masing baik dari pihak laki-laki ataupun perempuan. Bahkan hanya dengan suara lembut sekalipun. Sebagaimana firman Allah SWT dalam surat Al-ahzaab ayat 32)

Artinya :
Hai parastri-istri Nabi, kamu sekalian itu tidaklah seperti halnya wanita yang lain, jika kamu bertakwa. Maka janganlah kamu sekalian tunduk dalam berbicara sehingga berkeinginanlah orang yang ada penyakit dalam hatinya dan ucapkanlah perkataan yang baik (Al Ahzaab:32)

Dari Jarir bin Abdullah ra : “Aku bertanya kepada Nabi Rasulullah SAW tentang memandang (lawan jenis) yang (membangkitkan syahwat) tanpa disengaja. Lalu Baginda Rosululloh SAW memerintahkan aku untuk mengalihkan (menundukan) pandanganku.” (HR. Imam Muslim).

4. Rugi Waktu (Memubadzirkan waktu).

Dampak dari pacaran salah satu nya yaitu rugi waktu yang hasilnya malah tidak ada manfaatnya (menambah dosa).

Dari Abdullah bin Umar ia berkata bahwa : “Rasulullah SAW memegang kedua pundakku kemudian bersabda, ‘Jadilah kamu di dunia ini seakan-akan kamu orang asing atau orang yang melewati suatu jalan.’ Ibnu Umar berkata.” Apabila kamu berada di sore hari janganlah kamu menunggu (melakukan sesuatu) hingga pagi hari (datang).  Apabila kamu berada di pagi hari jangankah menunggu (melakukan sesuatu) hingga sore (datang). Gunakan waktu sehatmu untuk menghadapi sakitmu, dan waktu hidupmu untuk menghadapi matimu.” (HR. Bukhari).

5. Menjadi Pribadi yang pemboros

Baik disadari atau tidak pacaran tentu nya akan menguras waktu dan uangmu untuk hal yang menambah dosa. Sangat tidak masuk akal apabila pacaran sama sekali tidak mengeluarkan uang sedikitpun.

Namun tahukah kamu, pemborosan merupakan hal yang di benci Allah Swt.
Sebagaimana firman Allah SWT:
“Dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan.” (QS. Al Isro’ : 26-27)



Belum ada Komentar untuk "Mengapa Islam Melarang Pacaran?"

Posting Komentar

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays