13 Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai

13 Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai
13 Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai

Ilmu Barokah - Berikut ini adalah tips ampuh cara menghafal Alquran dengan cepat dan mudah bagi Anda yang sedang memulainya untuk menghafal Alquran ataupun sedang berjuang menghafalkan Alquran. Disini Juga dijelaskan beberapa macam tips menghafal Alquran agar hafalan tidak mudah lupa atau hilang hafalan Anda.

Sebagian umat beragama Islam menganggap bahwa menghafal Alquran dengan cepat dan mudah itu mungkin sulit dikerjakan. Karena, banyak alasan disampaikan yang memicu untuk menghafal alquran sangatlah sulit adalah umur yang sudah tua sehingga kemampuan untuk mengingat menghafal Alquran menjadi berkurang.

Namun kalau mau sedikit usaha mencari informasi, ternyata banyak tips cara ampuh menghafal Alquran dengan cepat dan mudah bagi yang mau memulai menghafal Alquran ataupun yang sedang berjuang menghafalkannya.

Penuturan dari Pengasuh Rumah Quran Mulia (RQM), yang bernama Ustaz Nurul , menghafal Alquran bisa saja dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh orang yang usai lanjut sekalipun.
" Semua Muslim itu sebenarnya sangatlah mudah untuk menghafalkan Alquran dan tidak dibatasi oleh usia berapapun. Bahkan di usia 4 tahunpun bisa saja untuk menghafal 30 juz," kata Nurul A.

Memanglah menghafal Alquran itu bukanlah sebuah pekerjaan mudah. kalau tidak pintar memanfaatkan waktu apalagi waktu yang longgar atau luang, maka jika demikian apa pun cara menghafal Alquran yang Anda telah lakukan itu hanya akan berakhir menjadi keinginan belaka atau hanya menjadi angan-angan saja.

Tentunya Anda pasti memiliki penasaran yang tinggi, hingga muncul sebuah pertanyaan. Seperti halnya, “ Bagaimana Tips Agar Menghafal Alquran Itu Dengan Cepat Dan Mudah Untuk Orang Yang Mau Memulai Menghafal Alquran Dan Juga Untuk Orang Yang Sedang Berjuang Menghafal Alquran ? “ atau ada timbul sebuah pertanyaan “ Metode Apakah Untuk Menghafal Alquran Yang Benar Agar Tidak Mudah Lupa Dan Bahkan Selalu Teringat Hafalan Itu ? “ .

Nah, kali ini Ilmu Barokah akan mengulas yaitu tentang Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai. Kami juga tak lupa akan menjelaskan bagaimana tips cara menghafal Alquran agar tidak mudah lupa dan bahkan terus teringat.

Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai.
Dapat menghafal Alquran merupakan keinginan sebagian besar umat Muslim. Meskipun begitu, menghafal Alquran ternyata bukanlah perkara yang mudah bagi sebagian orang terutama untuk yang sedang memulainya.

Walaupun sudah mencoba berkali-kali, ternyata ayat-ayat Alquran belum juga tertanam dalam benak ingatan (sulit sekali menghafal). Imam Syafi'i saja dulu pernah mengalami kesulitan untuk menghafalkan Alquran. Padahal, Imam Syafi'i telah menggunakan berbagai macam cara menghafal Alquran sejak ia berusia 7 tahun.

Ternyata pengalaman Imam Syafi'i bisa ditemukan dalam kitab I'anatuth Tholibin.
" Aku dulu pernah mengadukan kepada guruku prihal jeleknya hafalanku. Kemudian beliau mengatakan untuk meninggalkan maksiat. Guruku memberitahukan padaku bahwa ilmu merupakan cahaya, dan cahayanya Allah tidaklah mungkin diberikan kepada ahli maksiat (ahli melakukan dosa)."

Bisa jadi, apa yang telah dialami oleh Imam Syafi'i sebenarnya telah terjadi pada Anda. Walaupun mempunyai dosa yang kecil saja dapat menjadi penghalang untuk menghafal Alquran.
Selain itu juga, Allah telah menjamin bahwa ayat-ayat Alquran itu mudah dipelajari. Jadi, jika kamu merasa kesulitan, mungkin cara menghafal Alquran kamu yang harus diubah.

Berikut ini adalah Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai :


1.Membenarkan Niat Menghafal Alquran Supaya Berniat karena Allah bukan yang Lainnya.

Niat yang benar dan sesuai itu merupakan salah satu syarat untuk menghafal Alquran. Jika mempunyai niat yang salah seperti mempunyai riya (pamer), ujub (bangga pada diri sendiri), atau karena ingin dipanggil sebagai al-hafidz (seorang hafidz) , maka itu sangat fatal akibatnya bahkan diancam siksaan oleh Allah karena telah salah dalam niat. Dengan niat yang benar dan hati karena Allah maka jika mempunyai rasa malas, lelah, dan mempunyai perasaan sulit itu tidak akan jadi penghalang dalam menghafal Alquran.

2.Menanamkan Keyakinan Dalam Diri Anda Bahwa Menghafal Alquran itu mudah.

Tanamkanlah pada diri Anda bahwa menghafal Alquran itu sangatlah mudah, kalau demikian itu , maka Anda akan merasa mudah dalam menghafal Alquran. Namun jika sebaliknya Anda menanamkan pikiran Anda bahwa menghafal Alquran itu sangatlah sulit dan susah, maka Anda dalam menghafal Alquran akan juga terasa sulit. Maka, selalu memiliki motivasi dalam diri sendiri supaya tumbuh keyakinan bahwa cara agar menghafal Alquran yang Anda kerjakan itu hal yang mudah.

3.Mengerjakan Sholat Hajat Agar dimudahkan dalam menghafal alquran.

Tips selanjutnya cara menghafal Alquran dengan mudah dan cepat yaitu mengerjakan sholat hajat. Jadi, setelah Anda menata niat karena mengharap ridho dan pahala Allah tidak ada niatan yang lain, hendaknya Anda mengerjakan sholat hajat sebelum mulai untuk menghafalkan Alquran dengan benar dan mudah. Mintalah kepada Allah agar nantinya mudah saat dalam proses menghafalkan Alquran. Sebab pemilik Alquran itu Allah, maka Anda mintalah kepada pemiliknya agar nantinya diberikan kemudahan dalam menghafalkan Alquran.

4.Memperbaiki Bacaan sebelum menghafalkan Alquran.

Sebelum Anda mulai untuk menghafalkan Alquran dengan mudah, Anda sebaiknya memperbaiki bacaan Anda terlebih dahulu. Hal ini sangatlah perlu supaya anda nantinya terhindar dari salah dalam membaca dan membuat kekeliruan. Nantinya , kalau sudah bacaannya lancar maka dalam menghafalpun menjadi lebih mudah dan benar dalam melantunkan ayat-ayat Allah.

5.Mendekatkan Diri dengan Alquran.

Dekat dengan Alquran merupakan salah satu cara agar menghafalkan Alquran dengan mudah dan cepat yang paling ampuh dan manjur. Janganlah Anda memikirkan sebuah metode dalam menghafal Alquran yang ribet dan sulut. Tetapi pikirkanlah bagaimana caranya anda mulai sekrang saya dapat membaca sampai 1 juz sehari atau bahkan bisa menghafalkan Alquran minimal sehari 1 ayat.

6.Dalam Menghafal Gunakanlah 2 Metode Menghafal Alquran

Sebuah metode ataupun cara menghafalkan Alquran sebenarnya banyak sekali. Tetapi ada dua cara utama untuk menghafalkan Alquran dengan cepat dan mudah bagi yang sedang memulai untuk menghafalkannya ataupun yang sedang berjuang menghafalkan Alqruan.

Berikut ini dua cara menghafal Alquran tersebut adalah:

Menghafalkan Alquran per halaman demi halaman.

Caranya Anda membaca satu halaman yang akan Anda hafalkan sebanyak empat sampai sebelas kali secara tartil dan benar (sesuai tajwidnya). Kalau Anda sudah lancar dan benar, Anda hafalkan halaman tersebut. Setelah nantinya hafal satu halaman, maka Anda pindahlah ke halaman berikutnya. Untuk dalam metode ini lebih direkomendasikan mempergunakan mushaf standar dari madinah.

Menghafalkan Alquran per ayat demi ayat.

Caranya Anda membacalah satu ayat yang akan Anda hafal empat sampai sebelas kali secara tartil dan benar (sesuai kaidah tajwidnya). Kalau Anda sudah lancar dan benar dalam membacanya, kemudian Anda menghafalkan ayat tersebut. Setelah hafal ayat yang pertama, Anda pindahlah ke ayat berikutnya dengan metode atau cara yang sama, begitu seterusnya sampai satu halaman sudah hafal. Tetapi, sebelum Anda pindah ke halaman berikutnya, Alangkah baiknya Anda mengulangi menghafal atau muroja’ah halaman-halaman sebelumnya supaya Hafalan Anda lebih kuat.

7.Dalam Menghafal Alquran Lakukanlah Murojaah (membaca ulang atau menghafal ulang yang telah dihafalkan)

Semakin Anda sering dalam mengulangi satu ayat bahkan lebih, itu akan lebih mudah ayat tersebut menempel di dalam ingatan anda. Maka, janganlah sampai karena anda sudah merasa hafal untuk beberapa halaman, Anda tinggal hafalan tersebut tanpa Anda memurojaahnya(membaca ulang atau menghafal ulang yang telah dihafalkan) dalam waktu yang lama. Penyebab semacam ini akan menyebabkan hilangnya hafalan Anda.

8.Dalam Menghafal Alquran Gunakanlah Satu Jenis Mushaf Alquran.

Sebab struktur dan tampilan halaman Alquran itu terkadang berbeda-beda tiap penerbit atau pembuatnya, maka pastikan Anda menghafalkan dengan mushaf Alquran yang sama sampai bahkan menjadi lecek (kalau sudah tidak layak mending diganti saja). Sebenarnya Analogi dalam menghafal Alquran itu mirip dengan merekam gambar ke dalam sebuah memori. Dengan demikian bentuk mushaf merupakan pengaruh struktur hafalan Anda di memori otak Anda.

9.Memperdengarkan Hafalan kepada orang lain (Guru atau yang sudah mampu membaca Alquran dengan lancar dan benar(sesuai kaidah tajwid)).

Dalam hal menghindari bacaan yang salah, ayat atau halaman yang sudah dihafal kansebaiknya Anda menyuruh untuk diperdengarkan kepada orang lain. Ini bertujuan supaya orang tersebut bisa mengoreksi atau membenarkan jika ada bacaan Anda salah atau tidak sesuai tajwid.

10.Dalam Menghafal Alquran Lakukanlah Target Menghafal Alquran

Semangat dalam menghafalkan Alquran tentunya haruslah ada, karena dengan semangat Anda akan terus berkembang dalam menghafalkan Alquran.Nah , sebaiknya Anda gunakanlah target untuk menghafalkan Alquran, supaya nantinya Anda akan terus berusaha dalam menghafalkannya, karena Anda mempunyai sebuah target yang harus dicapai dalam menghafalkan Alquran.

11.Dalam Menghafal Alquran punyalah Waktu Khusus Menghafal Alquran

Anda Usahakan untuk menyediakan satu waktu khusus atau beberapa waktu untuk menghafal Alquran. Karena dengan miliki waktu yang khusus maka itu Anda dapat mempreoritaskan waktu tersebut untuk menghafalkan Alquran.

Berikut ini adalah beberapa waktu yang cocok dalam menghaflkan Alquran :


Waktu sepertiga malam terakhir.

Waktu dalam sepertiga malam yang ahir ini memiliki banyak faedahnya atau keutamaannya. Biasanya waktu sepertiga malam yang ahir ini digunakan untuk sholat malam (tahajud) atau waktu sahur saat bulan Ramadan.

Waktu saat pertengahan siang hari.

Waktu ini biasanya digunakan untuk bekerja, namun tepat pula untuk menghafalkan Alquran.

Waktu setelah selesai sholat subuh.

Banyak ustadz yang menganjurkan bahwa baik hafalan itu dilakukan di waktu ini karena kondisi pikiran manusia biasanya sedang dalam keadaan bersih dan belum banyak digunakan untuk beraktifitas.

12.Dalam Menghafal Alquran Lakukanlah Banyak Mendengar Murotal

Mendengarkan sebuah murotal sangatlah menunjang hafalan Alquran Anda. Hanya dengan mendengar murotal saja, mungkin akan hafal ayat atau surat Alquran.
Untuk dapat menghafal Alquran dengan cepat dan mudah, Kami sarankan untuk mendengarkan murotal dengan irama yang lambat tetapi mempunyai bacaan yang indah, seperti bacaannya As-Syaikh Musyari Al-afasy dan lain sebagainya.

13. Dalam Menghafal Alquran haruslah Istiqomah.

kerjakanlah semua yang telah dijelaskan di atas secara terus menerus atau Istiqomah. InsyaAllah Anda akan dapat menghafalkan Alquran 30 juz dengan mudah dan cepat bagi Anda yang sedang memulai menghafalkan Alquran.

Kunci dalam menghafal Alquran dengan cepat dan mudah yaitu jangan pernah putus asa teruslah berjuang dan berjuang. Selain hal-hal yang diterangkan di atas ada tips lain menghafal Alquran bagi Anda yang memulai menghafalkan Alquran, yaitu dengan berdoa minta kepada Allah SWT

Doa Menghafal Al-Qur’an


اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي وَارْحَمْنِي أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِينِي وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ فِيمَا يُرْضِيكَ عَنِّي اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزِمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيكَ عَنِّيَ اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَأَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِي وَأَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ قَلْبِي وَأَنْ تَشْرَحَ بِهِ صَدْرِي وَأَنْ تَغْسِلَ بِهِ بَدَنِي فَإِنَّهُ لَا يُعِينُنِي عَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ

Artikel ini Dirangkum dari berbagai sumber yang terpercaya. Semoga artikel ini membuat Anda sebagai pemula untuk langkah awal dalam memulai menghafalkan Alquran menjadi lebih mudah dan bisa dipraktekkan. Dan juga untuk yang sedang berjuang dalam menghafalkan Alquran semoga Anda selalu Istiqomah,selalu berniatkan karena Allah dan teruslah berjuang didalam agamanya Allah demgan cara menjadi takhfidz Qur’an.

2 Komentar untuk "13 Tips Ampuh Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah bagi yang Memulai"

  1. Thanks for information nya...hehehe😁

    BalasHapus
  2. Tips menghafal alquran yang mudah dan cepat yang recomended sekali

    BalasHapus

jangan melakukan komentar yang spam di sini gays