Pengusaha Bakso Yang Sukses Menerapkan Bener Kurup Janji

Pendahuluan.

Kisah Dari Pengusaha Bakso Yang Sukses


Anak petani yang tidak memiliki sawah yang akhirnya sukses jadi pengusaha dengan mempraktekkan bener kurup janji. Dia berasal dari Desa Sragi, sebuah desa kecil di Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Ayahnya seorang buruh tani, yang tidak memiliki sawah. Dia anak ke-5 dari 7 bersaudara. Saat menginjak kelas 3 SD ibundanya tercinta berpulang ke Rahmatulloh, sehingga ayahnya menjadi orang tua tunggal dan harus menghidupi 7 oran anak.

pengusaha bakso sukses menerapkan bener kurup janji
img: flickr


Ditinggal seorang ibu, memaksa dia untuk hidup bisa mandiri, padahal bersama saudara-saudaranya harus tetap sekolah, dan ayah juga harus mengurusi sawah sekaligus mengurus keluarga. Akhirnya, tak ingin membebani ayahnya, setiap pulang sekolah dia bekerja mencari rumput untuk pakan sapi. Juga berkeliling jualan jajan jembelem. Uang hasil cari rumput dan jualan jajan dia jadikan untuk biaya sekolah, beli buku, beli baju dan tas sekolah, serta sedikit sisanya untuk ditabung. Untuk berhemat, sejak kelas 3 SD dia dibelikan baju kedodoran oleh ayahnya, supaya bisa dipakai sampai kelas 6 SD.



Sekelumit kisah diatas menunjukkan bahwa dia bukanlah berasal dari keluarga berkecukupan, justru sebaliknya berasal dari keluarga yang boleh dibilang serba kekurangan. Kondisi seperti ini memberikan motivasi tersendiri bahwa dia akhirnya bertekad menjadi orang yang jauh lebih baik dari kondisinya di masa kecil. “ Saya harus menjadi orang sukses,” tekadnya.



Setelah lulus dari Madrasah Tsanawiyah, dia memutuskan merantau ke Kalimantan untuk mencari maisyah (uang) disana, ia berjualan sayur di pagi hari dan berjualan jamu di sore hari. Setelah dijalani beberapa tahun, usaha ini sempat mengantarkannya mempunyai usaha yang cukup mapan, mempunyai minimarket sayuran yang menjadi single supplier dari salah satu perusahaan pengelola lahan gambut. Krisis keuangan di tahun 1998 memaksa perusahaan pengelola lahan gambut ini tutup total yang berakibat pula tutupnya mini market dia. Kegagalan ini benar-benar membuatnya putus asa, terpuruk, sedih dan berbagai perasaan negatif lain yang bercampur aduk menjadi satu.

Kegagalan sebelum menjadi pengusaha bakso

depresi karena gagal bisnis
gagal dalam berbisnis


Ditengah kegagalan ini dia memutuskan untuk merantau ke pulau Bali dan Lombok. Berbagai macam usaha dia lakukan untuk bisa mempertahankan hidup, berjualan tahu dan tempe tapi masih tetap menemui kegagalan, berujalan cilok, terjatuh di tengah jalan sehingga semua penthol ciloknya dan saus berceceran di jalanan. Mendirikan warung “Serba Lima Ribu” yang laris manis tetapi tiba-tiba sebuah truk menyeruduk warungnya yang berakibat meninggalnya salah satu pelanggan. Berbagai cobaan yang dia alami, akhirnya dia menyadari dan berkeyakinan bahwa ini semua adalah cobaan dari Allah. Maka dia pun mempunyai keyakinan untuk tidak boleh berputus asa, tidak boleh suudhon kepada Allah, harus tetap sabar, harus tetap kuat, harus senantiasa berdoa dan harus bangkit lagi untuk meraih kesuksesan dan cita-cita yang tinggi.



Bener kurup janji, merupakan bagian penting dalam perjalanan hidupnya. Prinsip untuk menjadi orang yang bener, tidak menipu, tidak merugikan orang lain, tidak menyelisihi janji termasuk janji membayar hutang, membantu orang lain yang meminta bantuan meskipun diri sendiri masih dalam kesusahan, adalah beberapa prinsip hidup yang dia terapkan.



Alhamdulillah pertolongan Allah pun datang, Allah memberinya kemudahan, ada orang yang menyediakan modal untuk memulai usaha bakso. Hari demi hari bakso ini semakin laris dan menjadi salah satu bakso pilihan di kotanya. Praktek bener kurup janji juga masih menjadi bagian penting dalam perjalanan usaha bakso ini sehingga saat ini dia mempunyai 4 warung bakso yag laris manis dengan omset bulanan yang menggiurkan.


Praktek Sukses Menjadi Pengusaha Bakso dengan Bener kurup janji di usaha Bakso:




Bener: Dia mem-branding baksonya dengan bakso sapi murni. Yang artinya daging yang diolah adalah daging sapi murni dan tidak dicampur dengan daging ayam. Godaan untuk mencampur daging sapi dengan daging ayam ini sangat menggiurkan kareana bisa mendapatkan lebih banyak keuntungan atau bisa menjual bakso dengan harga yang jauh lebih murah. Tapi dia memutuskan untuk tidak melakukannya, tetap praktek bener, tidak mencampur bahan daging sapi dengan daging ayam atau lainnya. Sebagai upaya untuk meningkatkan penjualn dia memberikan target penjualan kepada karyawannya. Juga target untuk selalu menjaga kebershihan warung. Meja segera dibersihkan apabila pelanggan suah meninggalkan warung, tidak ada tumpukan mangkok, sendok, pinging yang kotor, baik di warung maupun di dapur, lantai selalu dalam keadaan bersih dan tidak ada sampah yang berserakan.



Janji: Sebagai wujud penghargaan atas apa yang karywaan lakukan dalam memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan, menjaga kebersihan warung dan daput. Menjaga lantai senantiasa dalam keadaan berseih tidak ada sampah, melayani pelanggan dengan hati ydan senyuman, dia menjanjikan memberikan bonus berupa uang dan fasilitas sesuai yang sudah disepakati. Dan alhamdulillah karyawan bisa memenuhi target penjualan, pelayanna dan kebersihan dengan baik. Dia bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dan karyawanpun bahagia karena mendapatkan gaji dan fasilitas yang memadai.





Kurup: Kurupnya pelanggan adalah mereka bisa mendapatkan bakso sapi murni, warung yang bersih dan nyaman, harga yang relatif lebih mahal tapi wajar dengan rasanya yang enak. Kurupnya karyawan bisa mendapatkan penghasilan yang lebih dari cukup dan mendapatkan fasilitas yang memadai. Kurupnya pemilik usaha bakso karena penjualan yang meningkat dari waktu ke waktu, sehingga keuntungna juga semakin bertambah. Semua atas pertolongna Allah, semua didasari oleh praktek bener kurup janji dalam kegaitan kita berusaha.


Penutup

Demikianlah artikel mengenai 3 prinsip kerja dan usaha agar sukses yang harus Anda Coba! Dan juga contoh pekerjaan dan usaha yang sudah terbukti berhasil menerapkan 3 prinsip kerja dan usaha ini yaitu Direktur Menerapkan prinsip kerja akan menjadikan sukses (Dengan mempraktekkan bener kurup janji), Pengusaha Panel Listrik Asal Sidoarjo (Sukses Menjadi Karyawan dan Pengusaha dengan mempraktekkan bener kurup janji), Arsitektur yang Sukses menerapkan Bekerja Bener Kurup Janji. Testimoni yang diceritakan di artikel tersebut jelas menunjukan kepada kita semua bahwa apa yang sudah dinasehatkan oleh para guru dan ulama kita tentang bener kurup janji bukanlah sekedar semboyan atau slogan. Siapapun yang ingin menjadi orang yang berhasil maka syaratnya harus bisa mempraktekkan bener kurup janji. Ini sebetulnya adalah ajaran agar kita semua bisa menjadi orang yang benar, baik, mengajak kita semua untuk mempunyai akhlaqul-karimah yang pada akhirnya akan membuat kita semua menjadi orang yang berbudi yang liuhur sehingga kitapun akan menjadi orang yang luhur. Bukan hanya menjadi oran yang sukses di dunia tetapi jiuga akan menjadi oran yang sukses di akhirat, insya Alloh.

Semoga Alloh membeirkan kemanfaatan dan kebarokahan.Aamiin.

Belum ada Komentar untuk "Pengusaha Bakso Yang Sukses Menerapkan Bener Kurup Janji"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus