Pengusaha Panel Listrik Asal Sidoarjo (Sukses Menjadi Karyawan dan Pengusaha dengan mempraktekkan bener kurup janji)




Saat menjadi karyawan dia benar-benar mempraktekkan bener, kurup, janji dalam dunia kerja entah itu di semua posisi jabatan dalam kita bekerja maka semangat mulai berangkat kerja, saat berkerja dan pulang kerja itu akan terasa enjoy, enteng dan nikmat, mengapa? Karena menerapkan;


Bener : Posisi/ jabatan saat kita melamar pekerjaan harus sesuai dengan bidang, hoby/kemampuan kita.

Kurup : Penghasilan/gaji dan waktu bekerja harus sesuai dengan pikiran, tenanga yang kita kerjakan dan tetap bisa lancar dalam urusan beribadah.

Janji : kita harus komitmen kalau sudah melamar dan diterima di perusahaan terseub yang kita inginkan maka apa yang kita miliki dan apa yang ditargetkan oleh perusahaan harus kita wujudkan.

Saat melamar dan diterima menjadi karyawan di perusahaan kontraktor ME (Mekanikal Elektrikal) sebagai junior engineer.


Dia melamar pekerjaan pertama kali di info lowongan kerja koran saat ada peluang posisi junior engineer. Padahal posisi-posisi yang dibuka ada: project manager, site manager, senior engineer dan lain sebagainya. Karena saat dia melamar pekerjaan baru lulus ujian skripsi, masih belum punya ijazah, baru punya surat keterangan sudah lulus skripsi dan juga belum punya pengalaman dalam bekerja. Baru punya teori dalam pelajaran kampus maka dia pun harus bener mengukur kemampuan dia dalam melamar peluang tersebut dan alhamdulillah diterima sebagai junior engineer. Dan disinilah awal mula kariernya dalam dunia kerja.

Dia mempraktekkan prinsip sukses kerja yaitu bener, kurup dan janji selama bekerja dengan:
Bener: Dia menyadari masih berada di level junior engineer sehingga diberi tugas, diarahkan, dibimbing oleh seniornya dalam pekerjaan sesuai kemampuannya. Dia pun menyadari dan menerima kondisi ini dengan sepenuh hati.

Kurup: meskipun diposisikan sebagai junior engineer, dia merasa itu adalah tindakan yang sesuai dan adil (pekerjaan dan upahnya) sehingga dia pun berkomitmen untuk memberikan yang terbaik buat perusahaan.

Janji: Dengan komitmen yang tinggi itu membawa hasil sehingga target pekerjaan yang dibebankannya, alhamdulillah selalu tepat waktu bahkan sering lebih cepat selesai dari target perusahaan.

Alhamdulillah dengan terus berusaha menerapkan bener, kurup, janji dalam tiga tahun kariernya meningkat sampai posisi terakhir dipercaya sebagai site manager. 

Karena dalam dunia kontraktor, lokasi proyek selalu berpindah-pindah di berbagai daera, dia merasakan kurang kurup akhirnya memutuskan keluar dari perusahaan kontraktornya tersebut dan kemudian dia melamar di perusahaan lain sebagai sales marketing engineer.

Saat bekerja sebagai seles marketing engineer 


Ini adalah dunia baru dan tantangan baru baginya di saat itu. Mengapa melamar sebagai seles marketing engineer? Kalau dari sisi tipe pribadi, dia tidak betah bekerja yang hanya duduk di belakang meja, dia lebih suka bergerak di lapangan. Dari sisi profesi dia adalah seorang engineer maka jabatan sebagai sales marketing akan membuatnya selalu aktif dan berpergian ke daerah-daerah untuk memasarkan produknya.

Dalam dunia sales marketing, menerapkan bener, kurup, janji benar-benar harus di praktekkan karena:

Bener: Kita menyampaikan informasi produk kepada customer harus sesuai kualitas dan spesifikasi produk, bukan hanya karena ingin mengejar target penjualan tapi juga menjaga hubungan usaha jangka panjang dengan customer. Dengan kita menyampaikan informasi secara benar tentang plus minusnya produk, maka customer pun sudah tahu jika nanti order barang akan menerima sesuai kualitas dan spesifikasi barang yang diinginkannya.

Kurup: Dalam dunia sales marketing, apabila target penjualan sudah tercapai maka akan mendapatkan bonus disamping gaji yang diterima. Dengan demikian sangat kurup. Keringat, kerja dan usaha yang kita lakukan sebanding dengan hasil yang didapat. Waktu kerja pun menjadi lebih fleksibel. 

Janji: ketika menjadi sales marketing, saat kita berjanji bertemu customer, berjanji untuk melakukan penawaran, berjanji untuk pengiriman produk harus dipenuhi, karena bisa memenuhi janji bagi seorang sales marketing merupakan reputasi yang sangat penting.

Alhamdulillah dengan menerapkan bener, kurup, janji waktu menjadi sales marketing perusahaan, yang sebelumnya omsetnya ratusan juta perlahan meningkat menjadi milyaran. Dia pun mendapatkan reward (penghargaan) dari perusahaan berupa kenaigan gaji dan fasilitas.

Saat menjadi pengusaha


Saat jadi pengusaha praktek bener, kurup, janji memang harus kita jalankan karena menyangkut dua sisi yaitu ke customer dan karyawan. 

- Customer


Customer adalah raja. Itu istilah yang sering kita dengan. Kita pun akan menjadi rajanya raja kalau kita bisa memuaskan customer. Bagaimana menerapkannya dengan mempraktekkan prinsip sukses berbisnis?  Yaitu dengan;
Bener: Produk, kualitas, masa produksi yang kita sampaikan/promosikan ke customer semuanya sesuai dan benar maka kepercayaan dan kepuasan customer insya Allah tidak akan diragukan lagi bahkan biasanya produk kita pun akan ikut dipromosikan oleh mereka ke relasi-relasinya.

Kurup: Dalam memproduksi barang kita pun harus melakukan dengan benar (biaya, mutu, waktu) sehingga customer akan merasa puas dan keuntungan yang diharapkan juga akan kita dapatkan.

Janji: Janji ke customer itu harus selalu ditepati dan jika ada sesuatu hal terkait dengan jani tersebut harus segera dikomunikasikan.

- Karyawan :


Bagi pengusaha, karyawan adalah salah satu aset. Karena dari acara, rencana, kerja dan kontrol yang sudah disiapkan oleh perusahaan dalam menghasilkan produk/jasa dalam usahanya tetap memerlukan karyawan untuk menjalankannya. 

Benar: saat karyawan melamar pekerjaan ke perusahaan kita maka kitapun harus menyampaikan informasi secara benar tentang kondisi perusahaan, target yang ingin dicapai, peraturan dalam perusahaan, hak dan kewajiban karyawan, sehingga saat calon karyawan itu diterima dan bekerja di perusahaan kita, maka dengan informasi awal yang kita berikan akan membaut karyawan tersebut tenang, senang dan semangat dalam bekerja.

Kurup: Saat kita menerima karyawan maka semua harus disesuaikan akan kebutuhan dan kemampuan perusahaan agar biaya yang perusahaan keluarkan kurup dengan hasil penjualan produk.

Janji: Setelah tercapai kesepakatan antara perusahaan dengan karyawan dan mereka mulai bekerja maka masing-masing pihak harus memenuhi janji.

Belum ada Komentar untuk "Pengusaha Panel Listrik Asal Sidoarjo (Sukses Menjadi Karyawan dan Pengusaha dengan mempraktekkan bener kurup janji)"

Posting Komentar

1. Berkomentarlah dengan sopan dan santun
2. komentar selalu dimoderasi
3. boleh meninggalkan link aktif dengan catatan berkomentar sesuai
dengan topik yang dibahas
4. semua komentar negatif seperti hoax, menyinggung, sara, pornografi, politik, dan hal negatif lain akan dihapus